Dalam kegiatan Radar on School (RoS) yang dilaksanakan di Pesantren Terpadu Insan Cita (ICS), Kp. Cikundur RT.03 RW. 03 Desa Gunungsari Kecamatan Gunungsari Kabupaten Serang (19/2/2018), ada kegiatan yang paling menarik bagi para santri ICS, yaitu Pelatihan Jurnalistik. Kenapa menarik? Karena disampaikan langsung oleh orang-orang yang berada di “dapur” redaksi langsung, Tim Radar Banten Group.

Kegiatan terakhir dari seluruh rangkaian kegiatan Radar on School ini seusai Salat Dzuhur dan kultum santri di Pelataran Masjid Al-Iman Pesantren Terpadu ICS. Ada 2 materi yang disampaikan dalam Perjalanan Jurnalistik ini, yaitu Teknik Penulisan Berita dan Broadcasting.

Novrian Aditiya Firmansyah, Supervisor Zetizen Radar Banten, yang merupakan pemateri pertama menyampaikan materi Teknik Penulisan Berita dengan sangat apik. Santri juga diajak mempraktekkan penulisan berita dengan rumus 5W + 1H. Praktek pembuatan berita yang disampaikan dengan santai dan diselingi joke-joke ringan untuk menghidupkan suasana membuat santri bertambah semangat.

Apalagi pada materi kedua tentang Broadcasting yang disampaikan oleh Novrian Aditiya Firmansyah, host Banten Raya TV, santri memperhatikan dengan serius pemaparannya. Bagaimana proses pembuatan berita dalam Banten Raya TV, media elektronik, pun tak luput menjadi pertanyaan para santri yang hadir dalam pelatihan jurnalistik tersebut.

Kepala SMPIT Insan Cita Serang, Abdul Aziz Alkhusyaeri, S.Pd.I, mengaku mengapresiasi program Radar on School ini. “Saya kira ini sangat positif, bisa membuka wawasan anak-anak agar tahu dan mengerti informasi kedaerahan di Banten. Program ini tentu sangat membantu, khususnya dalam menulis, membaca, dan sastra, terutama dalam bahasa Indonesia. Karena saat menulis, bahasa yang digunakan berbeda dengan ketika mengobrol biasa,” katanya.

Ustadz Abdul Aziz, demikian biasa disapa, menambahkan bahwa ICS sudah memiliki program untuk meningkatkan kemampuan literasi santri dan sudah dilaksanakan. “Kami biasanya mengadakan kunjungan ke tempat yang basisnya literasi. Selain itu, juga ada pelatihan. Memang belum rutin dan insidental” tambahnya.

Syifa Nur Azizah, santriwati kelas IX SMPIT ICS itu mengaku senang adanya Radar on School. “Senang dan seru karena kegiatannya komunikatif, bisa tanya jawab dan bisa belajar ngomong di depan audiens. Selain itu, aku yang senang menulis semakin termotivasi buat terus menulis,” tutur santriwati yang hobi menulis dan menggambar dan berasal dari Kragilan, Serang itu. (yahya/feby)

WhatsApp chat