Dalam upaya  mencegah berbagai hal yang berkaitan dengan perubahan perilaku dan gaya hidup di kalangan remaja yang kurang baik, maka SMPIT Insan Cita Serang (ICS) bekerjasama dengan Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBPPPA) Kabupaten Serang mengadakan Sosialisasi Kesehatan Reproduksi Remaja (19/9/2017). Kegiatan ini digelar di Kompleks Pesantren Terpadu Insan Cita Serang (ICS) Kp. Cikundur RT 03/03 Desa Gunung Sari Kecamatan Gunung Sari Kabupaten Serang, dan dibuka oleh Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBPPPA) Kabupaten Serang. Kegiatan Sosialisasi kali ini dikhususkan untuk siswa-siswa kelas 8.

Dalam sambutannya, Ibu Putihat dari Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBPPPA) Kabupaten Serang mengatakan bahwa untuk masa sekarang ini memang jika kita membahas masalah kesehatan reproduksi remaja masih sedikit terhambat dikarenakan hal tersebut masih dianggap tabu. Akibatnya para orangtua enggan membicarakan masalah ini. Padahal ini adalah sesuatu yang kami nilai sangat penting untuk diketahui oleh para remaja.

Akan banyaknya pengaruh  buruk dari perkembangan teknologi yang dapat menjadi ancaman serius yang harus dicarikan jalan keluarnya. Apabila kita secara serampangan dalam memanfaatkan teknologi karena bisa ber-efek sangat fatal. Pengalaman yang terjadi di lapangan selama ini, para remaja lebih condong untuk mengikuti mencontoh hal-hal yang bersifat negatif daripada hal-hal yang bersifat positif.

Dari kegiatan yang digelar ini, banyak manfaat akan yang didapatkan peserta dari Pembicara tentang pentingnya edukasi kesehatan reproduksi remaja

Nurhayati, A.Md., Pembina Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) SMPIT Insan Cita Serang (ICS), dalam sambutannya mengatakan “Persoalan remaja tidak dapat lagi kita pandang lagi sebelah mata. Penanganan permasalahan remaja hendaknya telah menjadi fokus utama bangsa ini agar di masa yang akan datang kita tidak kehilangan generasi emas yang dapat memimpin bangsa ini.”

“Harapannya, dengan diadakannya kegiatan ini para siswa-siswi SMPIT Insan Cita Serang (ICS) dapat terhidar dari pergaulan yang negatif dan ilmu yang sudah didapatkan bisa ditularkan dan diedukasikan kepada teman dan masyarakat umum lainnya.” Harap Nurhayati,A.Md. (yah/fby)

WhatsApp chat