Pada hari Rabu, 31 Desember 2018, Pesantren Terpadu Insan Cita (ICS) yang beralamatkan di Kp.Cikundur RT.03 RW.03 Desa Gunungsari Kecamatan Gunungsari Kabupaten Serang Banten melaksanakan Sholat Gerhana Bulan secara berjamaah.

Sholat gerhana (khusuf) ini dipusatkan di Masjid Al-Iman Pesantren ICS. Adapun yang bertindak sebagai imam Ustadz Yayan Hariyanto, S.Hum dan yang bertindak sebagai khotib adalah Ustadz H. Faudin, Lc.

Dalam khutbahnya Ustadz Fa, sapaan akbarbnya, menuturkan hendaknya kita tidak percaya pada mitos-mitos yang buruk berkembang secara turun temurun ketika terjadinya gerhana.

“Kepercayaan-kepercayaan seperti itu diluruskan oleh Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam” tegas Ustadz Fa

Beliau dalam khutbahnya mengutip sebuah hadits riwayat Imam Bukhari No.1044 yang artinya: “Sesungguhnya matahari dan bulan tidak mengalami gerhana karena terkait kematian seseorang atau lahirnya seseorang. Jika kalian melihat gerhana tersebut, maka berdzikirlah, bertakbirlah, lakukan sholat dan bersedekahlah”

“Sesungguhnya gerhana ini adalah tanda-tanda kekuasaan dan kebesaran Allah Subhanallahu Wata’ala sebagai pencipta langit dan bumi beserta seluruh alam semesta dan isinya” tambah Ustadz Fa.

Shalat gerhana yang dilaksanakan di Masjid Al-Iman Pesantren ICS ini diikuti oleh dewan asatidz/ah dan santri ICS.

Semoga dengan ini santri ICS belajar merawat sunnah yang sudah mulai ditinggalkan dan bisa diterapkan di dunia nyata nantinya. (yahya/feby)

WhatsApp chat