Sebagai bagian dari Pramuka SIT (Sekolah Islam Terpadu), ICS berupaya ikut membangun bangsa dalam bentuk pembinaan generasi muda khususnya pramuka yang berada dalam SMPI Insan Cita Serang (ICS).

“Pramuka merupakan sarana yang tepat dan efektif untuk membentuk generasi muda penerus bangsa yang bertaqwa, selaras antara ucapan dan perbuatan”, kata KH/Sudarman Ibnu Murtadho, LC, Pengasuh Pesantren Terpadu Insan Cita Serang (ICS) Banten, saat menjadi pembina upacara pelepasan peserta Perkemahan Ukhuwah Insan Cita (PERCITA) III di halaman kampus Pesantren Terpadu ICS (12/4/2017) Kp.Cikundur RT/RW.03/03 Desa Gunungsari Kecamatan Gunungsari Kabupaten Serang Banten.

Kiyai Sudarman, biasa disapa, juga berpesan kepada para santri untuk meng-internalisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka karena itu sangat cocok dengan nilai-nilai keislaman.

Dengan PERCITA III ini diharapkan bisa meningkatkan kemandirian, kepemimpinan dan keterampilan para santri ICS. Selain itu juga bertujuan agar peserta berkomitmen terhadap penghayatan serta pengamalan kode kehormatan Pramuka, yaitu Satya Pramuka dan Darma Pramuka. Dalam kegiatan ini para peserta diasah berbagai hal, meliputi bidang mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial.

Sebelumnya, Ketua Panitia Yayan Harianto, S.Ud, mengatakan bahwa kegiatan PERCITA III berlangsung selama tiga hari 12-14 April 2018,  akan lebih menekankan pada sisi religius, seperti sholat qiyamul lail berjamaah. Membaca Al Quran satu juz sehari.  Sedangkan untuk kegiatan lainnya mengacu pada kegiatan-kegiatan kepramukaan pada umumnya.

Bravo Pramuka SIT Indonesia. (yahya/feby)

WhatsApp chat