Meskipun pagi hari (17/2/2018) Kp.Cikundur Rt.03 Rw.03 Desa Gunungsari Kecamatan Gunungsari Kabupaten Serang Banten diguyur hujan lebat, tidak menyurutkan semangat santri ICS untuk belajar. Bukan belajar materi pelajaran-pelajaran keagamaan tapi belajar dalam latihan pekanan kepramukaan.

Banyak life skills untuk santri yang sudah diajarkan, seperti menjahit, survival dan lain-lain. Begitulah yang telah diajarkan di Pesantren Terpadu Insan Cita Serang (ICS) melalui ekstrakurikuler Pramuka SIT. Untuk latihan pekan ini santri diajarkan bagaimana cara menjernihkan air.

Dalam latihan kali ini santri dibagi dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok dibekali dengan botol-botol minuman bekas, sabut kelapa, pasir dan bebatuan serta alat-alat yang dibutuhkan lainnya.

Setiap anggota kelompok bersemangat untuk mencoba menjernihkan air keruh dengan cara yang telah diajarkan pembina. Tidak tampak wajah-wajah takut kotor dan mager (malas gerak) dalam latihan ini.

H. Untung Triantoro, M.M., Pembina Pramuka ICS,  mengatakan dengan belajar penjernihan air ini, santri akan memahami siklus perputaran air.

“Ada banyak manfaat belajar penjernihan air ini, targetnya santri bisa mempraktekkan membuat air keruh menjadi jernih dan santri bisa survive jika tidak mendapatkan air jernih” kata pak haji, biasa disapa, yang juga merupakan Sekjen Pimpinan Satuan Komunitas Pramuka Sekolah Islam Terpadu Nasional.

“Dengan ini juga santri belajar bersyukur atas nikmat air jernih dan bersih yang selama ini mereka nikmati” pungkas pak haji.

Ayoo pramuka ICS, Maju terus !! (feby)

WhatsApp chat