Bagi yang penasaran dengan nuansa alam yang ada di Pesantren Terpadu Insan Cita Serang (ICS) Banten. Yuk sejenak kita jelajahi Pesantren yang biasa disebut ICS ini.

Pesantren Insan Cita Serang (ICS) Banten ini beralamatkan di Kampung Cikundur RT/RW.03.03 Desa Gunungsari Kecamatan Gunungsari Kabupaten Serang Banten. Bisa ditempuh dengan perjalanan sekitar 25 menit dari Kota Serang (Pintu Tol Serang Barat). Cukup mudah untuk mencapai ICS karena jalan utamanya biasa dilalui para pelancong yang akan berwisata ke Pantai Anyer sebagai jalan alternatif.

Terletak di pegunungan gunungsari kabupaten serang, ICS sangat sejuk dan asri. Ditambah memang berada di area hamparan hijau yang luas, diperkirakan luas lahan ICS mencapai +10 hektar,  membuat ICS sangat representatif untuk menjadi tempat menghafal Al Quran.

Fasilitas pesantren sebagai bagian penting yang dapat menunjang keberlangsungan kegiatan pembelajaran dan pendidikan di Pesantren juga cukup memadai di ICS. Tersedia berbagai fasilitas pendukung kepesantrenan, dari mulai ruang belajar, masjid, lapangan olahraga, hingga pengelolaan asrama santri putra dan putri. Yang lebih wah lagi adalah asrama putri Pesantren ICS ini dulunya merupakan sebuah villa gagah dengan 2 lantai.

Pemandangan hijau yang sangat indah dan menyejukkan mata dapat kita saksikan atas balkon asrama putri. Panorama Gunung Karang yang sangat terkenal di Provinsi Banten ini menambah suasana syahdu untuk mengulang-ulang (murojaah) hafalan Al-Quran para santri ICS.

Satu yang paling khas adalah bentuk bangunan ruang kelas baru yang didominasi oleh jendela yang besar dari kaca sehingga menjadi lebih terbuka dengan ventilasi yang cukup banyak dan penerangan yang cukup ke dalam kelas.

Hamparan hiasan lahan pertanian yang cukup luas bisa dijadikan sarana pembelajaran agrokultural maupun agrobisnis jika ada yang berminat mengembangkan diri pada sisi tersebut. Terlihat hamparan sawah yang hijau, tanaman cabai, kolam – kolam ikan dan bahkan peternakan kerbau, domba, bebek, angsa dan ayam-pun tersedia. Kolam – kolam ikan yang dikelilingi saung-saung bisa untuk tempat berkumpul keluarga menikmati hari libur sambil memancing ikan, jika ada yang hobi memancing.

Yang lebih menyenangkan lagi jika musim panen buah-buahan, santri bisa menghafal sambil duduk di bawah pohon dan menikmati buah-buahan secara gratis. Ada banyak pohon rambutan, durian, pepaya, kedondong, sukun dan lain-lain.

Bagi keluarga / para orantua yang ingin berwisata alam sambil menjenguk anaknya, maka ICS bisa menjadi pilihan untuk pendidikan anak-anaknya.

Ditambah memang salah satu keunggulan ICS adalah Tahfidzul Qur’an (Hafalan Al-Quran), suasana sejuk, alam pengunungan dengan berbagai fasilitas agrokultural ini membuat menghafal Al-Qur’an menjadi sangat menyenangkan dan syahdu.

Menyenangkan bukan kalau menghafal Al-Qur’an di Pesantren ICS? Ayo… gabung ke ICS.

View – view Indah di ICS

WhatsApp chat