Melihat animo masyarakat yang tinggi untuk menitipkan anak-anaknya di Pesantren dan setelah berhasil mengelola SMPIT, maka Yayasan Rahmatan Lil ‘Alamin Gunungsari merespon dengan kembali membuka unit sekolah baru ; SMAIT Insan Cita Serang (ICS).

SMAIT ICS resmi dibuka tahun ini. SMAIT ICS hanya menerima 60 santri baru putra-putri. Proses kegiatan belajar dan mengajar akan dimulai bulan Juli 2018 mendatang.

Kepala Sekolah SMPIT ICS, Abdul Aziz Alkhusyaeri, S.Pd.I. menyambut gembira dengan dibukanya program SMAIT ICS. SMAIT ICS yang akan dibuka untuk perdana tahun ajaran 2018/2019 merupakan program berkelanjutan sistem pendidikan yang akan diberlakukan sejak SMP di lingkungan Pesantren Terpadu Insan Cita Serang.

“SMAIT ICS ini dibuka tahun 2018 karena banyak wali santri yang berkonsultasi tentang studi lanjut anak-anaknya di ICS. Rentang waktu 3 tahun menimba ilmu dan membentuk karakter di ICS dirasa sangat singkat. Kedepan konsepnya 3 tahun pertama pengenalan dan penanaman nilai dan 3 tahun kedua pembiasaan dan penerapan secara mendalam nilai-nilai tersebut” tutur Ustadz Aziz, akrab disapa.

Seperti diketahui bahwa ICS mempunyai 3 keunggulan antara lain; Pertama, Pengembangan Bahasa Asing (Khususnya Bahasa Arab dan Bahasa Inggris secara aktif baik lisan maupun tulisan).

Kedua, Hafal Al-Qur’an minimal 5 Juz dan Hafal Hadits-hadits pilihan. Ketiga, Ulumul Syar’i. Dan untuk di SMAIT ditambah dengan penguasaan ilmu-ilmu alat untuk memahami kitab kuning.

KH. Sudarman Ibnu Murtadho, Lc., Pengasuh Pesantren Terpadu Insan Cita Serang, mengatakan alasan SMAIT fokus di pengembangan ilmu-ilmu alat untuk penguasaan kitab kuning karena disebagian besar pondok pesantren modern, hal ini telah berkurang. Padahal penguasaan ilmu alat dan kajian kitab-kitab kuning adalah kekhasan pondok yang harus diangkat kembali.

“ICS berupaya mengembalikan kekhasan pesantren ini dengan memperbanyak belajar ilmu alat dan kajian kitab. ICS juga berupaya memadukan konsep modern dengan pesantren salafiyah. InsyaAllah bisa” pungkas Kiyai Sudarman, sapaan akrabnya, ketika mensosialisasikan berdirinya SMAIT ICS (16/01)

Untuk info pendaftaran SMAIT ICS dapat menghubungi 0877 7172 0256 – 0819 1104 2234 atau datang langsung ke Kampus Pesantren Terpadu Insan Cita Serang Kp.Cikundur RT.003 RW.003 Desa Gunungsari Kecamatan Gunungsari Kabupaten Serang Banten.

Pendaftaran SMAIT ICS telah dibuka. Semoga ICS semakin terdepan. (yahya/feby)

WhatsApp chat