Kegiatan Perkemahan Ukhuwah Insan Cita (PERCITA) adalah salah satu kegiatan yang dinanti-nanti oleh para santri ICS karena sangat berkesan dan menyenangkan. Sama dengan PERCITA III yang digelar pada tanggal 12- 14 April 2018 di Bumi Perkemahan Bumi Kalitalang Taktakan Kota Serang yang di adakan oleh SMPIT Insan Cita Serang (ICS) yang lalu, menjadi hal yang sangat dinantikan.

Dalam sebuah perkemahan tentu banyak pengalaman yang bisa diperoleh oleh para santri, terutama pengalaman hidup dan bertahan di alam bebas. Tidur di tenda dengan beralaskan terpal atau tikar yang langsung menyentuh tanah atau rumput, penerangan pun seadanya, dengan tumpukan baju menjadi bantal.

Kebutuhan sehari-hari pun dipenuhi secara mandiri dengan memasak sendiri. Ditambah ketika PERCITA III yang lalu ada sedikit hujan di malam harinya. Tentu ini sangat berbeda dengan kondisi mereka di rumah atau di pesantren yang InsyaAllah segalanya serba nyaman dan tersedia. Tidur di asrama dengan kasur yang relatif empuk dan penerangan yang cukup, tidak perlu kepanasan dan kehujanan atau terkena angin malam.

Dengan berkemah akan diperoleh kebebasan untuk menjelajahi alam serta belajar untuk menyatu dengan lingkungan yang ada di dalamnya. Selain itu para santri juga dapat menjalin keakraban dan kerjasama yang baik termasuk dalam mengatasi berbagai tantangan dan kesulitan yang dihadapi selama berkemah. Berbagai kesulitan yang harus mereka hadapi ketika _camping_ dirasa pas untuk melatih kemandirian, daya juang dan nilai-nilai akidah pada diri para santri ICS.

Pengalaman yang lain misalnya pengalaman untuk saling membantu sesama teman dan masyarakat sekitar, saling memahami pengalaman melatih berbagai ketrampilan maupun keahlian yang sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam kondisi-kondisi tertentu. Dengan begitu para santri ICS akan belajar untuk survive dalam kondisi apapun.

Pengalaman yang didapatkan ketika PERCITA III ini tentu menjadi pengalaman yang sangat berharga dan tidak bisa dilupakan. Pahit manisnya akan selalu dikenang. (yahya/feby)

WhatsApp chat