Untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan santri SMPIT – SMAIT Insan Cita Serang (ICS) Banten seputar sejarah dan tata negara, ICS mengadakan kunjungan belajar (Outing Class) ke DKI Jakarta kembali dengan mengunjungi situs bersejarah Indonesia yaitu Kota Tua dan Gedung Parlemen DPR RI Senayan Jakarta, kemarin (23/10/2018).

Berangkat dari Pesantren ICS, Jl. Raya Gunungsari KM.18, Kp. Cikundur RT/RW. 03/03, Desa Gunungsari, Kec. Gunungsari, Kab. Serang – Banten, pukul 05.30 Wib dengan menggunakan bus dengan penuh semangat dan keceriaan. Santri ICS yang berangkat dalam kunjungan belajar ini berjumlah 42 santri, dengan didampingi oleh dewan asatidz/ustadzat.

Di Jakarta, tempat pertama yang di kunjungi adalah kompleks Kota Tua, dengan mengunjungi museum wayang dan museum Fatahilah. Suasana dan pengetahuan baru yang ingin diperoleh membuat para santri seolah berlomba melihat barang – barang bersejarah di kedua museum tersebut. Serta tidak lupa mengabadikan kunjungan tersebut dengan berfoto. Apalagi memang di Kota Tua tersedia manakinmanakin unik seperti Jendral Sudirman.

Kunjungan belajar berlanjut ke DPR RI. Dari Kota Tua pukul.11.00 Wib dan Tiba di Senayan pukul 12.30 Wib. Setibanya di Gedung Wakil Rakyat tersebut rombongan ICS langsung mencari masjid untuk menunaikan sholat dhuhur berjama’ah. Rombongan ICS disambut dengan hangat di Ruang Rapat Pleno FPKS DPR RI. Adalah Bapak H. Satriyono, S.Pd., M.Si., Anggota Komisi II FPKS DPR RI, yang menyambut rombongan ICS didampingi staff ahli FPKS DPR RI dan Bagian Humas Sekretariat Jendral DPR RI.

Bapak H.Satriyono, S.Pd.,M.Si. memberikan pencerahan kepada santri ICS tentang konsep bernegara dan fungsi para anggota dewan yang terhormat

“Dalam tata negera, kita mengenal 3 fungsi penyelenggara negara; eksekutif, legislative dan yudikatif. Nah, DPR RI menjalankan fungsi legislasi” jelas beliau dalam pembukaannya.

“Semoga santri – santri ICS belajar dengan giat sehingga bias mengisi kepemimpinan nasional Indonesia atau bahkan di Dunia. InsyaAllah dengan para santri yang faham agama menjadi pemimpin, maka Bangsa kita adan menjadi lebih baik” pesannya.

(Video Kunjungan Belajar Ke Kota Tua dan DPR RI)

Kegiatan kunjungan belajar yang sangat menyenangkan dan bermakna ini dilanjutkan dengan berkeliling kompleks “Gedung Kura – kura” tersebut.  Mengunjungi tiga tempat ruang Operation Room, Gedung Nusantara. Rencananya Selesai ke Museum DPR RI tetapi karena sudah relative sore sehingga agenda tersebut tidak bias dilanjutkan.Terakhir menungunjungi ruang sidang paripurna yang menjadi tempat berbagai perundangan disahkan menjadi Undang-Undang (UU).

Semoga dari ICS lahir para pemimpin hebat masa depan yang bisa mewarnai dunia. Aamiin. (fby)

WhatsApp chat