Ahad ceria berlangsung hampir setiap pekan. Permainan-permainan tradisional yang dilakukan secara fisik-pun tak henti-henti dipraktekkan oleh para santri ICS, baik putra maupun putri.

Meskipun permainan ini jauh dari kesan modern, tapi para santri tetap bersemangat memainkannya.

Kalau kita lihat di lingkungan sekitar kita, permainan-permainan seperti ini sudah mulai ditinggalkan. Kita sudah jarang melihat anak-anak main petak umpet, main congklak, main kejar-kejaran dan aneka permainan tradisional lainnya.

Anak-anak zaman now justru kurang menyukai permainan-permainan tradisional seperti yang dimainkan santri ICS. Permainan seperti ini sudah dianggap kuno/jadul yang cuma dimainkan anak zaman old. Anak zaman now berlomba-lomba memiliki gadget model terbaru dan memainkan game terbaru. Seolah tidak bisa hidup tanpa gadget. Padahal banyak efek negatifnya.

Bandingkan dengan permainan tradisional seperti benteng pertahanan, banyak sekali manfaatnya. Dari segi melatih otak, paling tidak ada 2 manfaat permainan benteng ini, antara lain; melatih berfikir cepat dan melatih adu strategi pemenangan. Dari segi fisik, jelas menyehatkan. Bisa dianggap sebagai pengganti olahraga karena ada adu fisik dan kejar-kejaran.

Semoga santri ICS, selain sholeh dan sholehah, juga cerdas dan sehat. Aamiin. (yahya/feby)

WhatsApp chat