Pertemuan antara Dinas ESDM Provinsi Banten, Yayasan Rumah Energi Perwakilan Jawa Barat, Banten dan Lampung dengan KH. Sudarman Ibnu Murtadho, Lc., Pengasuh Pesantren Insan Cita Serang (ICS) Banten (6/2/2018) yang dihadiri juga oleh Dewan Asatidz SMPIT ICS berlangsung hangat.

Pertemuan yang bertujuan untuk mendapatkan penjelasan seputar pengelolaan limbah kotoran manusia dan hewan untuk dijadikan sumber energi alternatif terbarukan yang bisa diterapkan di Pesantren ICS.

Yudha Hartanto, Koordinator Yayasan Rumah Energi Provinsi Jawa Barat, Banten dan Lampung, memberikan contoh pengelolaan kotoran manusia menjadi energi di Masjid Az-Zikra Sentul Bogor Pimpinan KH. Arifin Ilham. Pengelolaannya dibina oleh Yayasan Rumah Energi.

“Setelah berjalan beberapa waktu, di Instalasi Masjid Az-Zikra mengalami masalah. Masalahnya datang dari tempat pembuangan kotoran bagian wanita” jelas pak Yudha, biasa disapa.

“Alhamdulillah-nya, instalasi yang kita bangun ada bak kontrolnya. Waktu kita cek ternyata saluran tersumbat oleh banyaknya softex perempuan,” tambah pak Yudha.

Mendengar penjelasan pak Yudha, Kiyai Sudarman menjawab “Tenang pak, kalau di sini aman. Soalnya kerbau ga’ pake softex”

Respon Pak Kiyai membuat seisi ruangan tertawa lepas. (feby)

WhatsApp chat