Gerhana Bulan Total (GBT), sebuah fenomena langka yang sayang sekali dilewatkan akan segera terjadi. Diperkirakan pada hari rabu tanggal 31 Januari 2018 besok.

Menurut data yang ada, GBT akan dapat disaksikan di seluruh wilayah IndonesiA. Gerhana ini diperkirakan mulai pukul 18.48 WIB, berupa Gerhana Parsial. Dan sekitar pukul 19.51 WIB – 21.07 WIB terjadi puncak Gerhana Bulan Total.

BMKG mengingatkan bahwa fenomema Gerhana bulan pada tanggal 31 Januari 2018 ini adalah fenomena yang langka (Tribunnews.com, 29/1/2018).

Hal ini berdasarkan penjelasan dari Badan Antariksa AS (NASA), bahwa fenomena gerhana bulan ini bertepatan dengan fenomena-fenomena ‘supermoon’ dan ‘blue moon’. ‘Super Blue Blood Moon’ ini suatu fenomena yang belum pernah terjadi sejak 150 tahun lalu.

Supermoon’ (bulan super) adalah keadaan bulan penuh ketika bulan berada dalam posisi terdekatnya dengan bumi. Sedangkan, ‘blue moon’ adalah istilah untuk gerhana bulan purnama (full moon). Jadi, ‘Super Blue Blood Moon’ itu intinya adalah gerhana bulan total yang terjadi saat bulan dalam posisi paling dekat dengan bumi dan muncul secara penuh (purnama).

Dalam Islam, fenomena Gerhana Bulan ini disambut dengan shalat Gerhana (khusuf), hal ini didasarkan pada hadits yang berbunyi: “Sungguh, gerhana matahari dan bulan tidak terjadi sebab mati atau hidupnya seseorang, tetapi itu merupakan salah satu tanda kebesaran Allah ta’ala. Karenanya, bila kalian melihat gerhana matahari dan gerhana bulan, bangkit dan shalatlah kalian,” (HR Bukhari-Muslim)

InsyaAllah Pesantren Terpadu Insan Cita Serang (ICS) akan melaksanakan Sholat Gerhana di Masjid Al-Iman Pesantren ICS. Shalat Gerhana (shalat Khusuf) ini dipimpin oleh H. Faudin, Lc sebagai Khotib sekaligus Imam. Shalat Khusuf ini akan diikuti oleh seluruh asatidz dan santri ICS dan warga sekitar Pesantren. Bagi warga sekitar yang ingin ikut shalat gerhana berjamaah, silahkan hadir di Pesantren Insan Cita Serang (ICS) Kp. Cikundur RT.03 RW.03 Desa Gunungsari Kecamatan Gunungsari Kabupaten Serang Banten. (yahya/feby)

WhatsApp chat