Kajian Tafsir Hadits Subuh hari Jumat pagi yang dibimbing langsung oleh KH. Sudarman Ibnu Murtadho, Lc., Pengasuh Pesantren Insan Cita Serang (ICS) Banten, adalah yang ditunggu-tunggu oleh para santri ICS. Selain karena memang dibimbing langsung oleh Kiyai Sudarman, biasa disapa, juga karena ada kebersamaan dan kehangatan setelah kajian tersebut. Termasuk Kajian Subuh pagi ini (16/3/2018) di Masjid Al-Iman Pesantren ICS

Kalau hari-hari biasa santri makan dengan piring masing-masing di asrama didampingi oleh ustadz/ustadzah-nya, tetapi ketika hari Jumat pagi setelah kajian tasir hadits santri makan bersama dalam satu nampan. Satu nampan diperuntukkan untuk 4-5 orang santri. Ini juga bagian dari cara Pesantren ICS untuk mengenalkan salah satu sunnah Nabi SAW.

Rasulullah SAW bersabda: “Makanan satu orang cukup untuk dua orang, dan makanan dua orang cukup untuk empat orang, dan makanan empat orang cukup untuk delapan orang.” (HR Muslim, Ahmad dan At-Tirmidzi)

Untuk hari Jum’at ini (16/3/2018) ada sesuatu yang berbeda dari bacakan subuh Jum’at yang lain,  bacakan kali ini tidak menggunakan nampan tetapi menggunakan daun pisang sebagai alas makannya. Back to nature.

Keceriaan dan senda gurau santri yang duduk rapi berbaris panjang mewarnai makan berjamaah ini. Pak Kiyai dan Para Asatidz juga ikut membersamai makan berjamaah ini.

Makan bersama akan menambah keberkahan. Semakin banyak yang kumpul, InsyaAllah lebih banyak berkahnya. Dengan makan bersama, InsyaAllah akan terbangun kebersamaan, sehingga terwujudlah kerukunan dan keakraban. Dan pastinya akan mendapatkan pahala. (feby/yahya)

WhatsApp chat