Potensi yang dimiliki oleh Pesantren Insan Cita Serang (ICS) yang beralamatkan di Kp.Cikundur RT.03 RW.03 Desa Gunungsari Kecamatan Gunungsari Kabupaten Serang Banten ini masih sangat besar dan masih banyak yang dapat dikelola secara maksimal. Salah satunya adalah limbah kotoran manusia dan kotoran kerbau peliharaan pesantren.

Hal ini yang dilihat secara jeli oleh KH. Sudarman Ibnu Murtadho, Lc., Pengasuh Pesantren ICS, untuk dikembangkan lebih lanjut. Dengan niat untuk mengolah limbah kotoran manusia dan hewan ini jadi berkah, Kiyai Sudarman, biasa disapa, mengundang Dinas ESDM Provinsi Banten dan Yayasan Rumah Energi untuk memberikan pencerahan tentang pengolahan limbah ini.

Pada hari Selasa 6 Februari 2018, bertempat di ruang pertemuan Pesantren ICS, pertemuan membahas hal itu berlangsung. Pertemuan ini dihadiri oleh Bapak Maulana, Bidang Energi Terbarukan Dinas ESDM Prov.Banten,  dan Bapak Yudha Hartanto, Koordinator Provinsi Jawa Barat, Banten dan Lampung Yayasan Rumah Energi, Kepala Sekolah SMPIT ICS dan jajarannya.

“Jika rencana ini berjalan dengan baik, maka ini akan sangat besar manfaatnya untuk kelancaran kerumahtanggaan pesantren” harap Kiyai Sudarman.

Setelah pertemuan, langsung dilakukan peninjauan lokasi tempat yang direncanakan untuk instalasi pengolahan biogas tersebut. (feby)

Dokumentasi Survey Rencana Lokasi Pembangunan Instalasi Biogas ICS

WhatsApp chat