Hayooo… siapa yang tidak berangkat sekolah atau berangkat kerja karena terhalang hujan?? Semoga kita tidak termasuk yang seperti itu.

Bulan-bulan ini adalah bulan yang hampir penuh dengan hujan. Menurut data dari BMKG, Serang dan Kabupaten Serang diperkirakan akan hujan sedang di siang ini dan hujan lokal di malam hari. Besok pun demikian, akan ada hujan di pagi hari. BMKG juga memperkirakan akan ada potensi hujan lebat disertai angin dalam bulan Januari ini. (sumber www.bmkg.go.id)

Meskipun bulan Januari ini banyak hujan, tidak menyurutkan semangat para santri untuk tetap belajar dan beraktifitas seperti biasanya. Para ustadz dan ustadzah-pun tak gentar bekerja memberikan ilmu kepada para santri meski harus berhadapan dengan guyuran hujan. Sedikit basah tak apa-apa, yang terpenting para santri mendapatkan haknya. Padahal jarak antara asrama dan kelas atau masjid lumayan buat olahraga kaki.

Bayangkan saja, dari sebanyak ini santri yang ada, hanya 37 orang yang memiliki payung sendiri, sehingga 1 payung lebih sering digunakan untuk banyak orang. Tetapi karena cita-cita dan dedikasi yang tinggi dari para santri dan dewan asatidz pantang mundur.

Jadi teringat perkataan Imam Asy-Syafi’i tentang enam bekal yang harus dimiliki para penuntut ilmu agama, agar dapat meraih kesuksesan dalam menuntut ilmu. Beliau Imam Asy-Syafi’i rahimahullah berkata: “Wahai saudaraku… ilmu tidak akan diperoleh kecuali dengan enam perkara yang akan saya beritahukan perinciannya: (1) kecerdasan, (2) semangat, (3) sungguh-sungguh, (4) berkecukupan, (5) bersahabat (belajar) dengan ustadz, (6) membutuhkan waktu yang lama.” (Mahfudzot)

Semangat terus santri ICS, masa depan cemerlang menantimu. (yahya/feby)

WhatsApp chat