Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan sejarah bangsanya, karena sejarah adalah salah satu pijakan untuk bisa melangkah ke masa depan yang lebih baik. Banyak sejarah gemilang yang telah tercatat dilakukan oleh pendahulu bangsa ini. Sejarah baik untuk dipelajari dan sejarah yang kelam dikenang agar tidak diulangi dikemudian hari.

Agar para santri SMPIT Insan Cita Serang (ICS) tidak melupakan jejak sejarah yang telah ditorehkan dengan tinta emas oleh para pejuang, maka pada hari Selasa (12/02/2019) dilakukanlah kunjungan belajar sekaligus wisata sejarah ke salah satu ikon Provinsi Banten, Situs sejarah Banten Lama.

Setelah sebelumnya belajar tentang ilmu kekinian di PT. Krakatau Steel Cilegon, Kunjungan belajar dilanjutkan ke Banten Lama dengan mengunjungi situs-situs sejarah yang ada di sana, seperti Museum Situs Kepurbakalaan Banten Lama, Keraton Kaibon, Keraton Surosowan, Benteng Speelwijk, Masjid Agung Banten.

Kawasan Wisata Religi Banten Lama ini telah berubah menjadi tempat yang sangat cantik. Revitalisasi kawasan Banten lama yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Banten di bawah kepemimpinan Bapak Wahidin Halim sukses mengubah wajah Banten lama.

Wajah Banten Lama yang kekinian membuat santri terlihat sangat senang, seolah sedang berada di antara payung – payung besar yang mirip payung besar di Masjid Nabawi. Tempat duduk santai di sekitar kawasan Banten Lama pun menjadi tempat peristirahatan dan melepas kelelahan setelah berkeliling mengunjungi berbagai tempat di Kawasan Banten Lama. Gelak tawa bahagia serta candaan mewarnai kegiatan kunjungan belajar ke Banten Lama ini.

Kita berharap dengan kunjungan belajar ke tempat bersejarah ini dapat meningkatkan pengetahuan, tanggung jawab dan kepedulian terhadap sejarah dan budaya bangsa khususnya Banten. (fby)

WhatsApp chat