Kita sudah memasuki bulan Rajab 1439 Hijriyah. Itu berarti Cuma kurang dari 2 bulan lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan. Mungkin ada yang berfikir “ah, kan masih lama, santai saja”. 2 bulan itu bukan waktu yang lama lho. Coba pikir, dulu kita masih SD sekarang kita sudah umur berapa? Cepat kan?

Kalau melihat doa yang diperbanyak dibaca oleh Rasulullah SAW, secara tidak langsung sebetulnya kita bisa melihat betapa Baginda Nabi SAW mempersiapkan diri 2 bulan sebelum bulan Ramadhan.

Sebagaimana telah kita ketahui bahwa Rasulullah SAW memperbanyak doa ketika bulan Rajab dan Sya’ban “Allahuma bariklana fi rajab wa sya’ban wa balighna fi Ramadhan” (HR.Ahmad) Berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban dan sampaikanlah kami di bulan Ramadhan).

Lalu apa pentingnya kita bersiap diri jauh-jauh hari? Penting sekali, agar kita bisa mendapat gelar TAQWA setelah ramadhan. Coba pikir, seorang siswa kelas IX/XII ketika mau ikut Ujian Nasional, berapa lama dia akan mempersiapkan diri menuju Ujian? Berbulan-bulan bukan? Kok untuk menghadapi Ujian dunia yang kalau lulus kita akan mendapatkan surga tidak mempersiapkan diri, lucu kan?

Apa yang perlu dipersiapkan? Persiapkan Jasadiyah (fisik) kita, persiapkan ilmu-ilmu tentang puasa, dan tidak kalah penting adalah persiapan ruhiyah (iman) kita.

Lalu operasionalnya seperti apa?

1. Buat program persiapan menuju Ramadhan, bisa secara pribadi bisa secara bersama-sama. Selama 2 bulan ini mau bangun jam berapa? Tahajud berapa kali seminggu dan berapa Rakaat? Baca Qur’an mau berapa lembar sehari? Dhuha mau berapa kali? Olahraga berapa kali? Puasa sunnah berapa kali? Dll. Ingat berusaha untuk konsisten lah dengan program yang telah disusun.

2. Ingatkan keluarga, kerabat, teman-teman dan orang-orang di sekitar kita untuk juga mempersiapkan diri menuju Ramadhan Mubarkk.

3. Banyak berdoa agar dalam menjalankan program menuju Ramadhan ini dimudahkan, dilancarkan, diberkahi di bulan Rajab dan Sya’ban, dan sukses di bulan Ramadhan

Semoga penulis dan kita semua yang membaca tulisan ini bisa sukses dalam Ramadhan tahun ini dan tahun-tahun berikutnya dengan membawa  gelar taqwa.

Oleh: Feby Arma Putra

WhatsApp chat