Tidak terasa sudah 15 tahun JSIT Indonesia berjuang untuk memajukan pendidikan Indonesia dalam rangka membangun NKRI (31 Juli 2003 – 31 Juli 2018). Cikal bakal JSIT ini dimulai dari tahun 1993, satuan pendidikan yang ada disekitar wilayah Jabodetabek berdiri. SDIT Nurul Fikri Depok, SDIT Al Hikmah Jakarta Selatan, SDIT Iqro Bekasi, SDIT Ummul Quro Bogor, dan SDIT Al Khayrot Jakarta Timur memulai perjuangan pendirian SIT ini, sehingga sekarang terus menyebar dan berkembang ke seluruh pelosok negeri.

Hingga 2013, Sekolah Islam Terpadu (SIT) sudah mencapai 1.926 unit sekolah. Yakni, terdiri atas  879 unit TK, 723 unit SD, 256 unit SMP, dan 68 unit SMA. Sehingga untuk mewadahi demikian banyaknya SIT yang telah berdiri secara legal formal, maka pada tanggal 31 Juli 2003 disepakati membentuk organisasi kemasyarakatan yang bergerak di bidang pendidikan, bersifat non partisan, nilaba dan terbuka dengan nama “JARINGAN SEKOLAH ISLAM TERPADU (JSIT) Indonesia. Dengan komitmen untuk siap bekerja sama dengan pihak mana pun selama sesuai dengan Visi, Misi dan Tujuan JSIT Indonesia.

Tercatat Dr. Fahmy Alaydroes menjadi nakhkoda pertama JSIT Indonesia, dan JSIT Indonesia terus bergerak tanpa henti. Dan sekarang JSIT Indonesia dinakhkodai oleh Muhammad Zahri, M.Pd.

Menurut data tahun 2017, Jumlah sekolah yang terdaftar se bagai anggota organisasi itu mencapai 2.418 unit. Adapun jumlah tenaga pengajar SIT yang tercatat di JSIT saat ini hampir mendekati angka 80 ribu orang. Sementara, jumlah siswa SIT yang terdaftar dalam database berkisar satu juta orang. (Republika, 15/7/2017)

Langkah untuk memajukan pendidikan Indonesia itu salah satunya bekerjasama lembaga pendidikan internasional seperti International Center for Educational Excellence Malaysia, Association For Academic Quality Pakistan, Sekolah Islam Al Irsyad dan Aljuneid Singapura, Smart Bestari Thailand, dan Khoirat Foundation Turki.

Segudang prestasi diraih peserta didik dan SIT dalam ajang nasional dan intenasional. Baik dalam kompetisi olimpiade sains maupun kegiatan olahraga dan seni. Tak kalah pentingnya rata-rata lulusan SDIT mampu menghafal satu juz Alquran, sedangkan SMPIT dan SMAIT lebih dari dua juz.

Semoga JSIT Indonesia terus maju ke depan

KELUARGA BESAR PESANTREN TERPADU

INSAN CITA SERANG (ICS)

MENGUCAPKAN

BARAKALLAH, SELAMAT MILAD KE-15

UNTUK JSIT INDONESIA

31 JULI 2003 – 31 JULI 2018

“MAJUKAN PENDIDIKAN _ BANGUN NKRI”

(Diolah dari berbagai sumber)

WhatsApp chat