Kunjungan Belajar ICS ke PT. Krakatau Steel, Cilegon

Memasuki era globalisasi saat ini, ilmu pengetahuan dan teknologi berperan besar untuk memajukan negara agar dapat bersaing. Penguasaan ilmu pengetahuan secara teori dan praktek mutlak diperlukan dalam persaingan tersebut. Apalagi bagi dunia Pesantren yang selama ini diketahui cuma belajar agama saja, sekarang sudah mulai menerobos ke Ilmu pengetahuan modern. Untuk itu, santri SMPIT Insan Cita Serang (ICS) Islamic Boarding School melakukan kunjungan belajar (Outing Class) ke salah satu industry baja terkenal di Indonesia bahkan dunia, PT Krakatau Steel (KS), Cilegon – Banten (12/02/2019).

PT Krakatau Steel adalah industri pengolahan besi baja terbesar di Indonesia. PT. Krakatau Steel  merupakan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang didirikan  pada tanggal 31 Agustus 1970. Visi dari perusahaan ini yaitu “Perusahaan baja terpadu dengan keunggulan kompetitif untuk tumbuh dan berkembang secara berkesinambungan menjadi perusahaan terkemuka di dunia” dan memiliki misi “Menyediakan produk baja bermutu dan jasa terkait bagi kemakmuran bangsa”.

Tiba di Pusdiklat PT. Krakatau Steel pukul 08.00 Wib, para santri dipersilahkan memasuki gedung Pusdiklat PT. KS, Jl. Jend. Sudirman Km.03 Kec. Purwakarta, Kota Cilegon. Disambut dengan ramah oleh tim Corporate Communication dan Pusdiklat PT. KS membuat awal yang hangat dalam kegiatan kunjungan belajar ini.

Di Pusdiklat PT. KS ini para santri diberikan penjelasan secara gamblang tentang bagaimana proses pembuatan baja, hasil produksi yang di lakukan oleh PT. KS dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari – hari. Pak Firman, Instruktur Pusdiklat PT. KS, memandu penjelasan ini dengan apik dan sederhana sehingga membuat para santri ICS bisa memahami dan antusias. Ditambah ketika diputar viedo proses produksi baja, santri ICS tambah antusias karena ini adalah sesuatu yang baru dan berbeda dengan proses belajar teori di kelas seperti biasanya.

Selesai penjelasan ini, para santri diminta untuk menggunakan pakaian safety ,berupa masker dan helm, sebelum melanjutkan kegiatan selanjutkan  yaitu Plant tour (Tour Pabrik) di Cold Rolling Mill (Pendingin dan Pembersihan Baja). Penggunaan pakaian safety ini sudah merupakan SOP (Standard Operating Procedure) PT. KS. Plant tour ini sangat menarik karena santri melihat langsung ke pabriknya, sesuatu yang sangat jarang bisa dilakukan.

Setelah berkeliling ke berbagai sudut pabrik, para santri menyempatkan diri untuk mengabadikan momen dengan mengambil gambar di depan gedung pabrik PT.KS, kemudian dilanjutkan dengan kembali ke Pusdiklat PT. KS, sebelum kemudian melanjutkan perjalanan ke tujuan berikutnya yaitu Wisata Religi dan Sejarah ke Masjid Agung Banten Lama.

Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi para santri kedepannya. (fby)

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat