Isi Liburan sambil Menghafal Al-Qur’an di Pesantren Terpadu ICS

Biasanya ketika liburan, banyak yang mengisinya dengan mudik ke kampong halaman atau pergi ke berbagai obyek wisata. Tidak sedikit yang sudah mempersiapkannya jauh-jauh hari. Tetapi ada yang berbeda dengan anak – anak para pencinta Al-Quran ini, mereka justru memulai liburan Penilaian Akhir Semester (PAS) Gasal ini dengan datang ke Pesantren Terpadu Insan Cita Serang (ICS) Banten untuk menghafal Al-Qur’an. Mereka sangat bersemangat mengikuti “Liburan Bersama Qur’an” (LIQU) 2018 yang diselenggarakan atas kerjasama Lembaga Tahfidz Al-Qur’an Utrujjah Serang dan Pesantren Terpadu Insan Cita Serang (ICS) Banten.

LIQU 2018 ini berlangsung pada 24 – 27 Desember 2018 di Pesantren Terpadu ICS, Jl. Raya Gunungsari Km 18, Kp. Cikundur RT/RW.03/03, Desa Gunungsari, Kec. Gunungsari, Kab. Serang – Banten. Tahun ini juga merupakan tahun kedua kegiatan ini, setelah sukses di tahun 2017 yang lalu.

(Baca juga: Peserta Sangat Antusias, Kuota LIQU Habis )

Alhamdulillah antusiasme peserta pada LIQU 2018 ini begitu luar biasa, dari kuota 100 peserta yang disiapkan, yang mendaftar lebih dari 150an orang. Akhirnya panitia menambah peserta menjadi 126 orang dari berbagai daerah di Provinsi Banten, karena kapasitas yang belum memungkinkan.

LIQU ini merupakan latihan bagi anak – anak untuk menghafal Al-Qur’an dan latihan “mondok di Pesantren”, karena semua pembiasaan merupakan kegiatan di pondok pesantren sehari – hari mulai dari bangun untuk melaksanakan shalat tahajud dilanjutkan dengan membaca Alquran dan shalat subuh dan seterusnya.

InsyaAllah banyak hikmah dan pelajaran yang didapatkan oleh peserta sepulang dari kegiatan ini. Seperti belajar mandiri, disiplin dan yang terpenting belajar bagaimana mencintai Alquran dengan cara membaca, menghafal sekaligus mengamalkannya.

Keseruannya kegiatannya ini bukan saja metode asyiknya dalam menghafal Al-Quran tetapi dengan kegiatan mendogeng anak, outbound, berkenalan dengan teman – teman baru dari berbagai daerah di Provinsi Banten. Bahkan sepulang dari kegiatan LIQU 2018 ini, masih banyak anak yang ingin lanjut lagi, sampai ada beberapa kamar yang membuat WA group Alumni Liqu 2018.

Sampai ketemu di LIQU 2019. “We Are Quran Lovers”

Galeri Kegiatan Bisa dilihat di Facebook album Pesantren Terpadu Insan Cita Serang

Video dokumantasi kegiatan bisa dilihat di sini

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WhatsApp chat